Kumpulan Media Sosial yang Sedang Populer
Ilustrasi : Kumpulan Media Sosial yang Sedang Populer

Gambar Thumbnail Tidak Muncul Ketika Share Media Sosial

Layarsosial.com – Apa jadinya ketika membagikan sebuah artikel dengan menyertakan link pada salah platform media sosial namun thumbnail atau cuplikan gambar pada link artikel tersebut tidak muncul?.

Sebuah masalah yang di alami beberapa teman dimana ketika share link postingan website ke WhatsApp, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya thumbnail atau cuplikan gambar tidak tampil.

Hal ini juga mungkin saja bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki sebuah website dan memiliki artikel terbaru dan ingin membagikan atau melakukan share postingan yang baru saja selesai ditulis dengan tujuan untuk menjangkau orang banyak ada di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter .

Nah kembali pada permasalah diatas dimana gambar tidak tampil ketika share link artikel ke media sosial dapat disebabkan oleh beberapa hal.

1. Tidak Memiliki Markup Graf Terbuka

Salah satu penyebab gambar cuplikan tidak muncul ketika di share adalah pada panduan berbagi webmaster Facebook menjelaskan bahwa tag markup Graf terbuka tidak berfungsi dengan benar. Markup Graf terbuka berfungsi agar mengontrol bagaimana konten Anda tampil di Facebook. Jika konten dari situs web yang Anda dibagikan memiliki tag markup Graf dengan benar maka crawler Facebook dapat menjelajahi gambar cuplikan pada artikel dengan mudah, server Anda juga harus menggunakan enkode gzip dan deflate.

Tanpa tag Graf Terbuka ini, Crawler Facebook menggunakan heuristik internal untuk membuat tebakan terbaik tentang judul, deskripsi, dan gambar cuplikan untuk konten Anda.

2. Gambar Memiliki Tag Og:image Yang Berbagai Macam

Og:Image sendiri berfungsi untuk menentukan gambar apa yang Anda inginkan dan gunakan saat halaman Anda dibagikan ke media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan lain sebagainya.

Ketika Facebok mencoba mengcrawler url yang kamu bagikan maka Kamu akan melihat error dimana terdapat banyak gambar yang memiliki tag Og:image.

3. Ukuran Gambar Futured atau Utama yang Kamu Gunakan Terlalu Besar.

Perlu diketahui ukuran thumbnail yang yang direkomedasikan untuk membagikan konten ke Facebook adalah

  • Gambar minimum yang diizinkan adalah 200 x 200 piksel
  • Ukuran file gambar tidak boleh melebihi 8 MB
  • Gunakan gambar minimal 1200 x 630 piksel untuk tampilan terbaik pada perangkat beresolusi tinggi. Anda harus menggunakan gambar minimal 600 x 315 piksel untuk menampilkan postingan halaman tautan dengan gambar lebih besar.

Ketika kamu sudah mengetahui problemnya sekarang saya akan mencoba membatu Anda memberikan solusi yuk lanjut kebawah.

Solusi Gambar Tidak Muncul Ketika Share Artikel Ke Media Sosial.

1. Cara Cek Markup Graf Terbuka

Cek apakah markup Graf terbuka sudah terpasang dengan benar dengan cara membuka url berikut ini https://developers.facebook.com/tools/debug/

Apabila kamu sudah berhasil membuka url maka tampilan alat debug berbagi akan seperti diatas. Sekarang silahkan masukan url artikel postingan kamu pada kolom yang sudah disediakan dan klik Debug pada tombol berwana biru.

Dengan begitu kamu dapat melihat informasi tag Og:image dan informasi lainya yang diperlukan oleh Facebook untuk url postingan yang ingin kamu bagikan.

2. Cara pasang Markup Graf Terbuka

Cara memasang markup graf terbuka sendiri dapat dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan plugin, namun disini penulis akan menggunakan plugin khusunya sebagai pengguna WordPress. Apabila kamu ingin memasangnya secara manual kamu bisa mencari referensi lain bagaimana cara memasangnya.

Adapun beberapa plugin yang dapat kamu gunakan dibawah ini :

1. Plugin OG

Plugin-OG

2. Plugin SEO

Adapun plugin SEO yang dapat kamu gunakan adalah :

  1. Yoast SEO
  2. Rank Math
  3. All in One SEO Pack
  4. dan plugin SEO lainnya.

Bagaimana kamu sudah menemukan permasalahan dari apa yang kamu alami dan solusi menyelesaikannya bukan.

Bang Pho
Terus belajar adalah impianku, Memberikan Informasi menarik adalah kesukaanku.