Perawatan Kulit

8 Tips Umum Merawat Kulit Tubuh dan Wajah Agar Tetap Sehat

Layar Sosial – Cuaca yang sering ekstrim belakangan ini bisa membuat kita kehilangan kelembaban karena cuaca yang terlalu panas dan cuaca dingin bisa membuat kulit kering, kami memberikan tips untuk merawat kulit tubuh dan wajah.

Di zaman yang sudah maju ini begitu mudah untuk mendapatkan skincare untuk tips merawat kulit tubuh kita, berbagai brand dan merek beredar dengan keunggulan tiap – tiap produk.

Tapi walau pun begitu banyaknya produk yang beredar kita harus teliti untuk membeli  dan pentingnya tahu manfaat untuk kulit.

Misalnya untuk kulit kering wajib memakai lotion yang mengandung tingkat kelembaban tinggi, sehingga tidak mubazir ketika telah di beli.

Kulit badan dan wajah sama – sama memerlukan perawatan yang rutin agar menghasilkan wajah yang glowing dan tidak kusam.

Tapi sebelum itu kita perlu mengerti bahwa kita mempunyai  jenis kulit yang berbeda- beda, mulai dari normal,kering, berminyak , kombinasi dan sensitif.

Jenis-Jenis Kulit Dibawah Ini Bisa Membantu Anda Untuk Memilih Produk Yang Cocok Dengan Kulit Anda.

1. Jenis kulit normal

Orang yang memiliki jenis kulit normal termasuk yang beruntung karena memiliki keseimbangan yang baik antara kadar air dan minyak yang tepat serta tidak memiliki sensivitas yang parah pada zat tertentu.

Ciri- ciri kulit normal yaitu hanya memiliki sedikit noda, pori- pori hampir tidak terlihat dan tampak bercahaya.

 2. Jenis kulit kering

Biasanya kulit kering ini sering seperti terkelupas, mudah pecah- pecah dan biasanya kusam serta terasa kasar jika di raba, elastisitas kulit juga berkurang dan garis – garis halus juga sangat terlihat jelas.

Kulit kering ini biasanya disebabkan oleh  faktor genetika, karena paparan sinar matahari, kandungan dari sabun, kosmetik yang di gunakan, berendam atau mandi air hangat terlalu lama.

3. Jenis kulit oily

Jenis kulit ini agak susah – susah gampang  karena salah pakai skincare malah membuat semakin oily.

Biasanya di jenis kulit oily ini sering berjerawat , komedo membandel dan pori- pori membesar terlihat mengkilat.

Kulit oily atau berminyak ini biasanya dapat disebabkan oleh pubertas atau ketidak seimbangan hormone dalam tubuh, stres , penggunaan antibiotic dan sering terkena paparan panas misalnya dari sinar matahari.

4. Jenis kulit kombinasi

Jenis kulit ini perpaduan dari jenis kulit kering dan normal, dibeberapa bagian wajah terlihat normal, di beberapa bagian lain bisa berminyak, ini biasanya di sebut daerah T-zone dimana yang berminyak daerah  dahi , hidung dan dagu.

Jenis kulit kombinasi ini biasanya terdapat pori- pori yang membesar, kulit terlihat mengkilap dan terdapat komedo.

5. Jenis Kulit sensitif

Kulit sensitive ini tidak bisa memakai sembarang produk, karena sebaiknya perlu mengetahui apa yang menjadi penyebanya sehingga bisa menghindari bahan atau zat yang membuat kulit sensitive.

Ciri kulit sensitive biasanya kulit menjadi kemerahan , gatal ,terasa terbakar dan kulit menjadi kering. Berbagai  produk bisa menyebabkan iritasi pada kulit beberapa di antaranya sabun mandi, deterjen, kosmetik mata dan perawatan dasar kulit.

Setelah kita tahu jenis kulit sendiri, baru kita bisa memilih skincare yang cocok untuk tubuh kita.

Dibawah Ini Merupakan Tips Dasar Perawatan Kulit :

  1. Menggunakan tabir surya untuk melindungi dari terhadap sinar UVB dan UVA
  2. Hindari sinar matahari langsung.
  3. Tidak merokok.
  4. Minum air putih secukupnya .
  5. Menggunakan pelembab untuk merawat kulit tubuh dan wajah agar tetap lembab.
  6. Hindari pemakaian make up pada saat tidur.
  7. Jangan lupa memakai scrub 2x seminggu ntuk mengangkat sel kulit mati.
  8. Melakukan treatment masker untuk mengunci kadar air di kulit wajah.

Semoga ini dapat membantu dan mengerti dasar dari perawatan kulit, maka kita bisa memilih skincare mana yang cocok untuk kebutuhan kulit kita.