Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas Sebelum Membeli

Layarsosial.com – Sebagian dari kamu yang memiliki keinginan membeli Laptop bekas atau Laptop Seken di toko-toko komputer membuat kamu pasti kebingungan karna banyaknya jenis atau tipe laptop yang ditawar oleh karyawan toko dengan spesifikasi, merek dan harga yang bervariasi.

Tahukah kamu hal apa yang perlu di perhatikan sebelum membeli laptop bekas sebelum kamu menyesal nantinya dan ketahui juga lebih menguntungkan yang mana beli laptop baru atau bekas.

Berikut beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum kamu membeli Laptop Bekas.

1. Ketahui Terlebih Dahulu Tujuan Kamu Membeli Laptop.

Mengetahui tujuan sebelum kamu membeli laptop adalah hal yang mendasar untuk diperhatikan sebelum kamu pergi atau masuk kedalam toko komputer. Mengapa ini menjadi hal yang yang mendasar?.
Ketika kamu sedang mencari atau masuk kedalam toko komputer akan ada banyak speksifikasi laptop yang akan ditawar penjual kepada kamu sebagai calon pembeli dengan berbagai merek dan spesifikasi Laptop yang membuat kamu akan semakin bingun ingin membeli.

2. Periksa Fisik Laptop.

Melihat Fisik Laptop pada saat membeli laptop bekas menjadi hal penting kedua yang kami sarankan. Hal ini tentunya bertujuan memastikan laptop yang kamu beli memiliki jangka panjang untuk pemakaian. adapun yang di perhatikan saat cek fisik adalah melihat bodi laptop secara keseluruhan.

  • Layar Laptop apakan sudah terdapat cacat atau tidak dengan cara yang paling mudah adalah menggunakan wallpaper yang berwana terang seperti warna solid, merah, hijau, biru dengan melakukan hal tersebut kerusakan pada layar laptop akan mudah dilihat.
  • Periksa I/O Port Laptop apakah masih berfungsi sebagai mana mestinya sepeti port USB, CD Driver atau DVD Film untuk memeriksa DVD-ROM, headphone untuk port audio, dan SD Card untuk SD Card Reader apabila tersedia.
  • Baterai Laptop apakah masih bagus atau baterai yang digunakan masih sehat dengan cara memerikan laporan kesehatan baterai melalui command prompt.
  • Charger Laptop perhatikan juga apakah fisik charger masih baik seperti memeriksa kabel dan adaptop charger.

3. Periksa Performa Control Processing Unit (CPU)

Setelah melakukan pengecekan pada kondisi fisik laptop dan memastikan semua masih baik dan layak untuk di pakai, maka lakukan ketahap pengecekan performa laptop itu sendiri.
Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa performa CPU pada laptop dengan menggunakan software benchmarking dan hardware monitoring, seperti misalnya Cinebench R15 untuk CPU sedangkan software monitoring yang dapat digunakan adalah HWID dengan menggunakan mode sensor-only. Lakukan benchmarking untuk mengetahui suhu maksimal yang dicapai oleh CPU laptop tersebut, apabila suhunya berada di angka 88 – 90 derajat celcius, maka diperlukan penggantian thermal paste agar suhunya lebih adem atau terdapat kerusakan pada kipas processor yang menyebabkan laptop tidak dapat digunakan dengan waktu yang lama.

4. Periksa Performa Graphical Processing Unit (GPU)

Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa performa GPU pada laptop adalah menggunakan software/aplikasi 3DMark untuk mengetahui performa dan suhu pada GPU laptop. Menggunakan 3DMark Time Spy yang dijalankan sebanyak minimal 5x. Apabila selama pengujian suhu GPU berada di angka 88 – 90 derajat celcius maka diperlukan penggantian thermal paste atau terdapat kerusakan pada processor.

5. Cek Harga Pasar

Sebelum memastikan Laptop yang telah kamu perikan dan memiliki keinginan untuk membelinya sebaiknya Jadilah pembeli yang bijak, ketahui dulu perkiraan harga pasaran jenis laptop yang akan kamu beli. dengan tujuan mendapatkan harga yang sesuai dan dapat melakukan penawaran sesuai kondisi laptop yang sudah diperiksa sebelumnya.

Seperti yang telah kami jelaskan diatas semoga dapat membatu kamu pada saat ingin membeli laptop bekas dengan memastikan saran yang kami sebutkan diatas sudah dilakukan dan tidak mengalami kerugian di kemudian hari pada laptop yang akan kamu beli.