Awal sejarah perkembangan telepon dari waktu ke waktu

Awal Sejarah Perkembangan Telepon Ditemukan

Awal sejarah perkembangan telepon teknologi komunikasi dari tahun ke tahun adalah perkembangan teknologi komunisi yang luar biasa. Perkembangan teknologi komunikasi ini membuat kita terus belajar menggunakan teknologi terbaru tersebut, seperti halnya dengan telepon genggam atau telelpon seluler yang dulunya tidak bisa dibawa kemana-mana yang berkembang menjadi ponsel pintar atau smartphone sehingga telepon tersebut dapat dibawak kemana saja.

Apakah kamu tahu bahwa mereka ilmuan dibalik penemuan dan perkembangan sebuah teknologi komunikasi yang kita gunakan saat ini adalah mereka salah satu ilmuan yang berjasa dalam perkembangan sebuah teknologi hingga sekarang ini.

Sebelum ditemukannya telepon setiap orang yang melakukan komunikasi baik dengan keluarga, sahabat dan dengan rekan kerja dengan memanfaatkan surat, telegram dengan memakan waktu cukup lama hingga pesan yang kita dikirim dapat sampai kepada si penerima dan kita juga akan menunggu jawaban dari si penerima pesan hingga jawaban sampai kepada si pengirim.

Tentu hal inilah yang menjadi sebuah ide bagi bebapa ilmuan teknologi komunikasi bagaimana mempersingkat waktu dalam memberikan sebuah informasi.

Dalam sebuah komunikasi tentunya informasi yang dikirim dapat sampai secepat mungkin sama hal ketika melakukan komunikasi dua arah dengan lawan bicara yang ada dihadapan kita dengan cepat informasi itu kita terima dan kita jawab kembali.

Hingga ditemukannya telepon memudahkan kita melakukan komunikasi hingga saat ini penemuan tersebut dapat kita rasakan dengan telepon yang sudah lebih moderen tentunya yaitu smartphone atau ponsel pintar dan bukan hanya itu saja kelebihan teknologi komunikasi saat ini terus dikembangkan dengan menggabungkan beberapa teknologi lainnya.

Tahukah kamu bagaimana awal sejarah perkembangan telepon dari masa ke masa hingga saat ini kita menyebutnya dengan ponsel pintar atau smartphone?

1. Tahun 1849 Oleh Antonio Meucci

Banyak yang tidak tidak tahu bahwa seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci adalah yang menciptakan sejarah telepon pertama pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Antonio Santi Giuseppe Meucci yang lahir di San Frediano, 13 April 1808 dan meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon. untuk biografinya dapat kamu lihat disini.

2. Tahun 1876 Oleh Alexander Graham Bell

Penemuan kedua telepon adalah pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell yang lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847 dan meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada, 2 Agustus 1922 pada umur 75 tahun.

Telepon inipun di perkenalkan dengan nama Bell Telephone. Telepon ini merupakan percobaan laboratorium. Dengan mamanfaatkan jarum transmisi dan asam sulfat yang menghasilkan getaran suara ke penerima gelombang elektromagnetik. untuk biografi selengkapnya dapat kamu lihat disini.

3. The Model 302 Phone Oleh Henry Dreyfuss

Penemuan kedua telepon adalah pada tahun 1937 oleh Henry Dreyfuss, Lahir 2 Maret 1904 dan Meninggal 5 Oktober 1972 adalah pelopor desain industri.

Dreyfuss dikenal karena merancang beberapa perangkat paling ikonik yang ditemukan di rumah dan kantor Amerika sepanjang abad kedua puluh, termasuk telepon Western Electric Model 500, jam alarm Westclox Big Ben, dan termostat bundar Honeywell.

Pada telepon ketiga yang diciptakan oleh Henry Dreyfuss sudah mulai lebih baik dari sebelumnya dimana pada model telepon ini membuat bentuk telepon dalam satu kesatuan.

Model telepon buatan Dreyfuss ini memiliki gagang telepon dan lingkar tombol untuk mencari orang yang ingin kita telepon. 

4. The Trimline Oleh  Henry Dreyfuss Associates

Model telepon Trimline adalah model alternatif yang lebih bergaya dan lebih mudah digunakan daripada telepon sebelumnya. Pada rancangan ini, tombol nomor disematkan langsung ke telepon dan menggunakan kabel yang dirancang untuk sambungan ke soket telepon RJ11 , pin 2 dan 5 (hitam dan kuning) dapat membawa daya AC atau DC tegangan sangat rendah. 

5. Cordless Phones / Telepone Tanpa Kabel

Telepon menggunakan gelombang radio (telepon tanpa kabel) dimana telepon kabel mulai ditinggalkan dan beralih ke telepon tanpa kabel setidaknya dua dekade menuggu jenis telepon ini diperkenalkan. Telepon jenis ini sendiri dikembangkan yang terdiri dari sebuah tim. Tim tersebut terdiri SM Baer, ​​GC Balzer, JM Brown, WF Clemency, M. Rosenthal, dan W. Zinsmeister, di bawah arahan WD Goodale, Jr.

6.The Motorola DynaTAC

Telepon seluler portabel ini menggunakan antena seperti pada gambar, telepon ini dikomersial Motorola DynaTAC 8000X pada tahun 1983. Pengisian daya telepon bisa dibilang cukup lama memakan waktu hingga 10 jam dan baterai hanya bertahan selama 30 menit ketika digunakan untuk berkomunikasi.

7. Motorola StarTAC

Setelah 1 dekade Motorola kembali memperkenalkan telepon dengan model yang baru yaitu Motorola StarTAC yang diperkenalkan pada tahun 1996 ponsel clamshell pertama. flip MicroTAC terlipat dari bawah tombol, Motorola StarTAC memiliki model yang dapat dilipat dan sudah memiki layar.

8. Smartphone

Smartphone pertama dinamakan Simon yang dirancang oleh IBM pada 1992 di pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Smartphone ini dipasarkan ke publik pada tahun 1993, tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam smartphone ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya kalender, buku telepon, jam dunia, catatatan, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan. Smartphone inipun masih kita gunakan hingga saat ini dan terus dikembang denga tujuan dapat memenuhi setiap kebutuhan pengguna.

9. Jam tangan ponsel atau Watchphone

Watchphone atau telepon genggam dalam bentuk jam tangan yang menjadi sebuah telepon dimasa depan dimana telepon dengan watchphone ini cukup banyak diminati saat ini dengan ukuran yang ramping dan mudah. Watchphone ini cukup digunakan ditangan sama hal dengan jam tangan biasa hanya saja sudah di padukan atau digabungankan dengan teknologoi smartphone.

Tidak seperti ponsel-ponsel pada umumnya karena jam tangan ponsel selalu dalam keadaan terpasang di pergelangan tangan, para pengguna jam tangan ponsel akan terhindar dari risiko misplaced and lost (kesalahan peletakan dan kehilangan).

Itulah sejarah telepon dari masa ke masa hingga saat ini perubahan dari perkembangan telepoon ini sungguh luar biasa, dan penulis juga beranggapan dimasa yang akan datang jenis telepon yang baru bisa jadi dalam bentuk sebuah chip atau model telepon yang ditanam didalam tubuh.