bekas jerawat

Penyebab Munculnya Bekas Jerawat Dan Cara Mengatasinya

Layar Sosial – Di dalam kulit kita terdapat zat melanin, zat melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit manusia. Sayangnya, ketika di hasilkan dalam jumlah yang berlebih, melanin justru dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit sehingga bekas jerawat jadi berwarna coklat atau hitam.

Bila jerawat mengalami peradangan yang begitu hebat, kerusakan struktur jaringan penyokong kulit dapat terjadi. Kondisi ini menyebabkan proses penyembuhan kulit di area yang di tumbuhi jerawat akan terganggu. Sehingga kulit akan meninggalkan bekas luka. Nah, kondisi ini yang menyebabkan bopeng.

Sebenarnya penyebab bekas jerawat adalah jerawat itu sendiri, jerawat bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut , codet dan hiperpigmentasi.

Umumnya jerawat yang meninggalkan bekas adalah tipe cystic acne. Cystic acne, merupakan jerawat berukuran besar yang di sertai dengan peradangan yang hebat hampir mirip dengan bisul.

Cystic acne di kenal dengan sebutan jerawat batu. Tidak hanya muncul di permukaan kulit tapi juga terjadi jauh di dalam kulit, tapi bukan hanya itu saja masih banyak sekali yang menjadi penyebab bekas jerawat di antaranya adalah sebagai berikut.

5 Penyebab Bekas Jerawat Pada Permukaan Kulit Wajah

1. Memencet jerawat

Ini adalah kebiasaan paling sering dilakukan banyak orang ketika terkena jerawat. Memang ketika memencet, semua isi jerawat akan keluar namun perlu diketahui kalau kebiasaan ini malah menimbulkan luka baru pada permukaan kulit. Biasanya jerawat yang masih belum matang itu pecah maka akan meninggalkan jejak bekas merah.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari berdampak sangat negatif ke kulit langsung. Sinar ini mengakibatkan produksi melanin berlebih sehingga menumbuhkan flek merah atau hitam.

Oleh karena itu, jika kamu mendapati jerawat pada wajah, alangkah baiknya kamu jangan sampai terkena sinar ultraviolet terlalu lama atau dengan menggunakan sunblock sehingga meminimalkan terjadinya flek.

3. Kosmetik

Kosmetik memiliki kandungan bahan tertentu seperti pewarna dan parfum. Kedua bahan tersebut mudah mengalami proses fotosintesis ketika terpapar sinar matahari. Dari sinilah akan menimbulkan bekas merah dan hitam.

Maka dari itu sebaiknya gunakan kosmetik seperlunya saja dan jangan lupa untuk membersihkannya sehabis memakai.

4. Tumpukan sel kulit mati

Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur dengan juga dengan sabun sehingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam pada kulit

5. Perawatan jerawat yang tidak sesuai

Perawatan untuk mengobati jerawat sendiri sekarang ini telah ada banyak jenis. Mulai dari obat dalam, sabun wajah, cream dan lain sebagainya.

Tetapi treatment yang kurang tepat dapat memberikan dampak buruk untuk wajah itu sendiri. Dimana yang sering terjadi yaitu jerawat terkena obat keras dan akhirnya meninggalkan bekas yang sulit hilang.

Di Bawah Ini 8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Maupun Modern

1. Menggunakan perawatan cuka apel

Nah perawatan menggunakan cuka apel akhir-akhir ini sangatlah booming. Karena banyak testimony yang menyatakan cuka apel yang memiliki khasiat besar bagi kecantikan kulit dan juga tubuh. Maka dari itu akan sangat mudah menemukan penjual cuka apel yang beredar di banyak media social dan harganya pun tidak akan menguras isi kantong.

Memang benar adanya jika cuka apel dapat merawat kesehatan kulit jika gunakan sebagai perawatan. Karena di dalam cuka apel sendiri memiliki kandungan asam bernama hidroksi yang dapat memaksimalkan pengangkatan sel sel kulit mati yang tertumpuk.

Cara menggunakannya yaitu dapat mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu gelas air hangat dan digunakan untuk toner kulit. Jika ingin hasil yang lebih dapat mengaplikasikan sisa air cuka pada bagian yang bermasalah, tunggu hingga 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan.

2. Menggunakan air lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi di dalamnya yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam. Banyak orang membuktikan bahwa metode ini sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam yang mungkin sulit dihilangkan.

Selain mengandung vitamin c yang tinggi, lemon juga memiliki kandungan asam sitrat yang dapat bersifat sebagai pembersih alami kulit dari kotoran dan juga sel sel kulit mati yang menumpuk.

kamu dapat menggunakan perasan air lemon untuk digunakan sebagai perawatan pembasmi bekas jerawat setiap harinya. Nah dapat menggunakannya sebagai toner setelah mencuci wajah, cukup tunggu 15 menit sampai kandungan lemon menyerap ke dalam kulit.

Tetapi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif lebih disarankan untuk mencampurkan madu ke dalam perasan lemon saat melakukan perawatan. Lebih baik melakukan perawatan rutin setiap hari setelah mandi sebanyak 2 kali sehari.

Setelah air lemon meresap lalu bersihkan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan juga kotoran dan sel-sel mati mudah terangkat dan pastikan setelah melakukan perawatan kulit keringkan dengan handuk.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Selain bisa menggunakan lemon, akan tetapi kamu juga bisa dengan menggunakan perasan air dari jeruk nipis. Untuk menggunkannya, tidak beda dengan menggunakan lemon.

3. Menggunakan baking soda jenis food grade

Baking soda mungkin sering digunakan banyak orang untuk bahan memasak kue atau roti. Tetapi untuk baking soda yang kamu gunakan saat ini adalah jenis baking soda food grade dimana baking soda tersebut masih alami.

Dimana jenis baking soda tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel sekalipun. Baking soda ini biasanya dijual dalam bentuk kiloan dan terpisah, yang terpenting dari metode ini yaitu jangan sampai salah memilih jenis baking soda karena jika salah maka tidak akan bisa menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam.

Kamu pasti tau jika baking soda sangat reaktif jadi dalam metode ini perlu mencampurnya dengan air jeruk nipis, madu, dan minyak zaitu (optional).

Kamu dapat membuat ramuan tersebut dengan mencampurkan semua ramuan tersebut. Cukup aduk hingga tercampur rata menyerupai pasta atau masker kental. Setelah itu cukup mengoleskan baking soda pada area yang bermasalah saja. Setelah itu tunggu 10 hingga 15 menit agar khasiat bekerja. Selesai bilas air hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Untuk metode menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam menggunakan ramuan baking soda cukup menggunakannya 3 kali dalam seminggu. Jika mengalami iritasi hentikan pemakaian dan gunakan obat pereda iritasi.

4. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat, pada dasarnya minyak ini telah dijadikan sebagai berbagai obat dari zaman dahulu oleh orang timur tengah. Selain digunakan sebagai obat, minyak zaitun juga banyak digunakan untuk media perawatan kecantikan.

Banyak sekali khasiat minyak ini untuk kecantikan seperti melembabkan kulit, mencerahkan wajah, merawat rambut, dan lain sebagainya. Pada minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang pastinya dapat membantuuntuk menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam dari wajah kita.

Dimana vitamin E sendiri dapat membantu memperbaiki sel sel kulit yang rusak akibat jerawat dan dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Untuk antioksidan sendiri akan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas dari luar yang dapat memperparah kondisi flek dan juga bekas jerawat.

Cara menggunakan minyak zaitun sendiri sangatlah mudah, cukup sediakan minyak zaitun lebih baik jika yang masih murni karena belum tercampur bahan-bahan yang lain. Setelah itu gunakan pada area bekas jerawat dan juga flek hitam. setelah itu tunggu 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Namun selain itu juga dapat mengaplikasikannya di seluruh bagian wajah karena minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan dan mencerahkan wajah. Yang memiliki jenis kulit kering dan bekas jerawat dapat menggunakan metode ini saat sebelum tidur dan membersihkannya saat pagi hari Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakannya rutin setiap hari.

5. Menggunakan kentang sebagai masker

Nah Kamu pastinya sudah sering memakan kentang bukan, dimana kentang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi ataupun cemilan seperti kripik.

Tetapi ternyata zat tepung yang ada di dalam kentang sendiri karena memiliki manfaat yang dapat menyehatkan sel kulit yang telah rusah termasuk yang berflek hitam karena dapat meredakan hiperpigmentasi dan memiliki bekas luka jerawat.

Selain itu kentang yang pastinya tumbuh di dalam tanah memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan kulit, kentang dapat digunakan dengan banyak cara.

Nah di sini kami akan memberikan beberapa cara yang dapat lakukan untuk menggunakan kentang sebagai perawatan.

Yang pertama yaitu dengan menggunakannya secara langsung. Kamu cukup menyediakan 1 atau 2 buah kentang lalu kupas dan cuci bersih. Setelah itu potong tipis-tipis. Kamu dapat menempelkan potongan kentang tersebut pada daerah berflek hitam dan juga bekas jerawat. Tunggu hingga 20 menit dan bersihkan dengan air lalu keringkan.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan sari kentang sebagai masker. Pertama cukup menghaluskan 1 buah kentang lalu saring dan ambil sarinya. Lalu cukup mencampur sari tersebut dengan air lemon dimana juga dapat membantu menghilangkan flek dan juga bekas jerawat.
Kemudian campuran terebut oleskan merata pada wajah dan tunggu hingga 15 menit agar nutrisi dari kentang dan juga lemon meresap. Setelasi bilas wajah dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk agar sisa-sisa masker terangkat.

Dan cara terakhir untuk menggunakan kentang yaitu dengan mencampurkannya dengan madu. Dimana madu sendiri memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit karena kaya nutrisi.
Selain itu jika mengalami gejala iritasi maka ramuan ini akan membantu meredakannya. Pertama kupas dan cuci bersih 1 buah kentang kemudian haluskan hingga menjadi bubur. Kemudian campurkan kentang dengan 1 sendok madu murni setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit. Selesai lalu bersihkan hingga benar-benar bersih.

6. Chemical Peeling

Banyak sekali fungsi chemical peeling, karena prinsipnya mengangka sel kulit mati sehingga akan tumbuh sel kulit baru yang sehat. Maka chemical bisa berfungsi untuk mengatasi jerawat ringan sampai berat, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi komedo, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak wajah. Menyamarkan garis halus, terapi penghilang flek hitam serta untuk peremajaan kulit.

7. Microdermabration

Mikrodermabration adalah tindakan abrasi atau pengelupasan kulit menggunakan alat khusus dengan bahan utama Kristal halus. Tindakan yang relative aman dan tidak menyakitkan ini cukup popular di gunakan untuk mengatsi kelainan kulit termasuk bekas jerawat.

Selain mengikis lapisan sel kulit mati, mikrodermabration juga bermanfaat merangsang pertumbuhan epidermis dandermis kulit. Merangsang sirkulasi darah dan oksigen serta merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit.

8. Treatment laser

Kalau yang satu ini sudah sangat familiar laser bisa di bilang adalah satu teknologi yang di kembangkan di klinik kecantikan. Perawatn dengan menggunakan laser memang tidak akan terasa sakit di wajah, karena wajah kamu akan disinari oleh sinar laer yang bisa membunuh bakteri di bekas jerawat dan merangsang pertumbuhan kolagen di wajah. Laser ini cukup efektif untuk menghilang bekas jerawat dan termasuk aman.

Itulah treatment penghilang bekas jerawat yang bisa kamu lakukan sebagai langkah untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah kamu. Jangan lupa untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat. Jika kamu tidak bisa menjaga kesehatan kulit, bukan tidak mungkin jerawat akan kembali bersarang dan bisa lebih parah dari sebelumnya. Kulit bebas dari jerawat adalah kulit yang sehat dan terawat.