Mesin Pencari
Foto: searchenginejournal.com

7 Mesin Pencari Populer dan Aman di Android Selain Google

Layar Sosial – Mesin pencari (search engine) Google pasti sudah tidak asing di dengar bahkan sudah lama kita kenal. search engine Google asal Amerika Serikat ini sudah menjadi mesin pencari paling populer saat ini walaupun banyak mesin pencari lainnya yang dapat digunakan.

Adapun alasan mengapa search engine Google menjadi sangat populer saat ini?. Tentu dikarenakan antarmuka yang ringkas atau user-frendly sehingga memudahkan pengguna.

Pengguna cukup memasukan kata kunci apa yang hendak dicari pada kolom yang sudah di sediakan dan hasil pencarian yang diberikan juga cukup relevan dengan apa yang kita cari.

Bahkan sebagai pengguna smarphone Android juga sudah dimanjakan dengan aplikasi ini karena setiap kali membeli smartphone Android baru mesin pencari (search engine) Google secara otomatis sudah terinstal atau terpasang dan menjadi mesi pencari (search engine) utama di Android.

Namun sebagian dari kamu pasti pernah bertanya mesin pencari selain Google apa?

1. Microsoft Bing Search

Mesin pencari web buatan Microsoft ini menawarkan tampilan antar-muka dengan wallpaper yang bisa dirubah sesuka hati oleh pengguna.

Bing terintegrasi langsung dengan Google Lens atau Microphone untuk mencari sesuatu secara akurat melalui gambar atau suara. Layanan ini juga mempunyai fitur reading mode untuk membaca dengan layar penuh.

2. Yahoo Search

Mesin pencari web ini memiliki dua fitur favorit yaitu Search Assist yakni dapat memberikan saran secara instan ketika pengguna sedang mencari. Dan pengguna dapat melakukan pencarian secara bebas menggunakan fitur pencarian suara.

Yahoo! Search juga menyediakan antarmuka pencarian mereka dalam setidaknya 38 pasar internasional dan berbagai bahasa yang tersedia.

3. Yandex

Yandex sebagai mesin mencari buatan Rusia. Sejak tahun 1997, Yandex mengkhususkan dirinya dalam produk dan layanan yang berhubungan dengan Internet, termasuk transportasi, pencarian dan layanan informasi, eCommerce, navigasi, aplikasi mobile, dan iklan online.

Untuk mesin pencarinya sendiri, Yandex masih mengumpulkan data personal, kata kunci pencarian, dan riwayat pencarian yang dilakukan user. Akan tetapi, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Yandex sengaja mengumpulkan kesemuanya untuk memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Pun data dikumpulkan melalui persetujuan dari user.

4. DuckDockGo

DuckDuckGo merupakan search engine dengan tagline “Privacy, Simplified”. Search engine ini menghindari hasil pencarian yang dipersonalisasi dan tidak memprofilkan pengguna, untuk melindungi privasi pengguna.

5. Ask.com

Ask bekerja sebagaimana mesin pencari pada umumnya. Anda bisa masukkan kata kunci yang dicari di kolom pencarian. Maka seketika, Ask.com akan memunculkan berbagai konten paling relevan sesuai dengan kata kunci. Terdapat dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau konten dalam web dan videos.

6. Ecosia

Ecosia diidentikkan sebagai browser penanaman pohon. Berbeda dengan mesin pencarian lannya, Ecosia memiliki komitmen kalau keuntungan atau uang yang dihasilkan dari pencariannya akan digunakan untuk menjalankan program reboisasi dan memberdayakan masyarakat di seluruh dunia.

7. Startpage Private Search

Startpage mengklaim bahwa mesin pencariannya menjunjung tinggi privasi dengan tidak melacak pencarian dari pengguna dan tidak bisa diretas karena semua pencarian dienkripsi menggunakan enkripsi SSL yang kuat.

8. Qwant

Qwant merupakan mesin pencari web yang memiliki kemampuan untuk melindungi privasi dengan tidak melacak pengguna dan iklan. Selain itu, Qwant juga memiliki dedikasi lebih terhadap musik dengan fitur “Qwant Music”, pengguna bisa mendapat berita atau informasi terakhir dari musisi favorit.

9. Swisscows

Swisscows memiliki fitur utama yaitu teknologi Intelligent Data Cloud yang membantu mengurangi waktu pencarian karena jawaban dihasilkan dengan cepat dan efisien dari kumpulan data yang didasari pada pengenalan informasi semantik.

Mesin pencari yang kami sebutkan diatas merupakan mesin pencari yang aman untuk digunakan dan masih banyak lagi. Nah setelah ini silahkan kamu tentukan mana yang akan kamu gunakan.