Mengenal Gelotophobia, Perasaan Takut yang Berlebihan Melihat Orang Lain Tertawa

Orang yang sedang tertawa
Image by StockSnap from Pixabay

Layarsosial.com – Penderita Gelotophobia atau fobia langka adalah Perasaan takut jika ada yang tertawa, mereka biasanya memiliki ketakutan berlebihan melihat orang lain tertawa dan tidak dapat mengontrol emosi.

Tertawa bersama teman adalah sebuah ekspresi kegembiraan yang kita salurkan atau sampaikan dengan tertawa hal ini sudah biasa kita lakukan sehari-hari.

Namun ternyata dibalik kegembiraan yang kita salurkan dengan tertawa bersama teman-teman tidak semua orang dapat mengartikannya sebagai hal yang wajar atau baik untuk dia, justru hal tersebut membuat dia merasa ketakutan yang disebut dengan istilah gelotophobia.

Ciri-ciri Gelotophobia

  1. Tidak senang melihat orang lain tertawa
    Tidak senang melihat orang lain tertawa adalah ciri-ciri orang memiliki penyakit yang disebut gelotophobia, dia akan merasa tidak nyaman jika mereka yang sedang tertawa.
    Perasaan marah dan kesal melihat orang lain tertawa, dia akan merasa pusing dan stres dengan candaan dan tawa yang di ekspresikan oleh orang lain yang dapat meluas hingga kehilangan kendali emosional.
  2. Tidak paham arti tertawa
    Tidak paham apa arti ketawa (Gelotophobes), dia yang berpikir negatif tentang dirinya, merasa tidak nyaman dan takut ketika mereka mendengar suara tawa.
  3. Sering stres dekat dengan orang lain
    Stres jika dekat dengan orang lain, hal ini juga bisa di indikasikan bawa dia memiliki penyakit gelotophobia. Dia akan merasa stres dan sulit berada di antara orang yang sedang berkumpul.

Penyebab Gelotophobia.

  1. Lingkungan
    Lingkungan pada masa anak-anak adalah faktor penentu terbentuknya karakter seseorang hingga bertubuh dewasa. Lingkungan yang tidak baik dengan orang-orang yang suka membullying akan membetuk karakter anak hingga suatu saat nanti akan merasa trauma yang belebihan dan takut berteman dengan orang lain.
  2. Kehidupan sosial
    Kehidupan sosial juga menjadi faktor terjadinya gelotophobia pada seseorang, proses kehidupan sosial yang kurang baik atau buruk ketika mengutarakan pendapat kepada orang lain.
  3. Kurangnya selera humor
    Kurangnya selera humor pada seseorang juga salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya gelophobia pada sesorang, mereka yang kurang selera humor akan cepat emosi dan terkadang mereka menjadi sangat menakutkan.

Dari banyak kasus mereka yang penderita gelotophobia ada keluhan psikologis yang sangat kuat dan selanjutnya depresi. Dalam kasus terburuk, penyakit ini juga bisa memimpin untuk pikiran bunuh diri dan akhirnya bunuh diri.

Kumpulang-orang-tertawa
Image by StockSnap from Pixabay

Pengobatan Gelotophobia

Gelotophobia dapat diobati sama seperti penyakit kecemasan lainnya. Penderita dapat melatih keberanian pada diri sendiri. Sehingga ketakutan terhadap suara tawa pada penderita gelotophobia bisa dikurangi.

Adanya dukungan yang kuat dari orang disekitar mereka baik itu keluarga, teman dan lingkungan yang baik yang dapat membantu mereka mengobati gelotophobia yang di derita.

Pencegahan Gelotophobia pada anak

Pencegahan terjadinya penyakit gelotophobia ini di mulai dari keluarga (orang tua) yang selalu memperhatikan perkembangan tingkah laku anak. Cobalah dengarkan apa keluhan mereka dan menjadi sahabat yang baik bagi mereka, dengan begitu mereka akan merasa nyaman menyampaikan sesuatu hal yang buruk yang mereka rasakan.

Buatlah mereka selalu bahagia dan tertawa, hindari membullying mereka, memojokan dan juga membeda-bedakan mereka dengan anak lain.

Itulah gelotophobia penyakit fobia langka yang sampai saat ini masih dilakukan penelitian mengenai gelotophobia ini. bagaimana menurut kamu?

Menjadi Orang yang Humoris

Kesimpulan

Penderita Gelotophobia atau fobia langka ini adalah perasaan takut jika ada yang tertawa, mereka biasanya memiliki ketakutan berlebihan melihat orang lain tertawa dan tidak dapat mengontrol emosi.

Penyakit ini memiliki ciri-ciri seperti tidak senang melihat orang lain tertawa, tidak paham arti tertawa, sering stres dekat dengan orang lain.

Adapun penyebab gelotophobia dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah lingkungan, kehidupan sosial, kurangnya selera humor, dari banyak kasus mereka yang penderita gelotophobia ada keluhan psikologis yang sangat kuat dan selanjutnya depresi. Penderita gelotophobia ini juga dapat diobati seperti penyakit fobia lainya.