Perlunya Me Time
www.freepik.com

Manfaat “Me Time” Atau Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Pernahkah anda ingin menyendiri? Memikirkan sesuatu hal atau melakukan sesuatu hal hanya sendiri, tanpa ingin diganggu atau tidak mau di campuri dengan hiruk pikuk yang biasa kita jalani.

Ya, Kadang ada batas rasa kejenuhan dalam diri kita sendiri, sadar atau tidak sadar kita pasti pernah merasakannya, dan waktunya me time itu diperlukan.

Kenapa kita butuh waktu menyendiri atau “Me Time”?

Kita ingin menyendiri merupakan sebuah batas kejenuhan diri, rasa di atas ambang bosan dengan segala rutinitas yang kita alami. Sehingga jika kita tidak mengerti dengan ini , kita biasa salah presepsi dengan mengartikan sebagai rasa stres, lelah, capek dan bosan yang padahal itu mengacu pada rasa jenuh yang kita alami.

Pada saat mengalami hal tersebut kita sangat membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Sebutan ini yang sedang trend di sebut dengan “me time” atau waktu untuk diri sendiri.

Perlukah waktu untuk diri sendiri atau “Me Time” itu?

Jawabannya ya sangat perlu, karena begitu banyak manfaaat dari meluangkan waktu untuk diri sendiri ini yang bisa membantu kita keluar dari zona kejenuhan yang bisa berdampak negatif dalam keseharian kita.

Apa saja manfaat dari meluangkan waktu untuk diri sendiri atau “Me Time”?

Waktunya Me Time
www.freepik.com

1. Membuat tubuh dan pikiran rileks

Ya ini sudah sangat pasti saat kita meluangkan waktu untuk diri sendiri kita merasa sangat rileks. Semua beban terasa ringan, semuanya terasa baik dan kita sangat menikmatinya

2. Mendapat Energi baru dan pikiran yang positif

Pada tahap ini kita merasakan suatu energi yang mendorong kita untuk lebih bersemangat dan enegik. Pikiran yang terbuka dan baik/positif, sehingga mengembalikan semangat yang tidak baik menjadi stabil.

3. Aura yang lebih memancar

Dengan energi yang positif sehingga aura yang terpancar lebih memukau atau bercahaya, sehingga bukan hanya kita sendiri yang merasakan manfaat dari me time ini, tetapi orang di sekitar kita juga ikut merasakan energi yang postif yang kita pancarkan.

4. Menemukan ide- ide yang baru

Dalam keseharian kita banyak hal yang terjadi di sekitar kita, yang mampu mangganggu dan mengalihkan perhatian kita. Terkadang hal-hal itu mampu membekas dalam pikiran kita baik dalam bekerja, beraktifitas maupun saat beristrahat. Me time ini memiliki manfaat menghilangkan pikiran tersebut. Ketenangan yang di dapat dari me time sejenak berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan menimbulkan ide-ide baru.

5. Kesempatan untuk mengenal dan memahami diri sendiri

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri kita lebih memahami siapa diri kita, mengenal apa yang kita mau yang membuat kita bahagia. Sehingga kita lebih banyak bersyukur dengan nikmat yang kita rasakan dengan apa yang kita capai.

6. Meningkatkan kemampuan beradaptasi  dan sosialisasi dengan orang lain

Keadaaan yang semerawut, masalah atau rutinitas keseharian kita yang terus menerus bisa menjadi penghalang sosialisai kita dengan sesama atau orang lain. Kesibukan yang tanpa henti bisa membuat kita tidak merasakan kedekatan dengan orang lain sehingga dikasus ini banyak kesalahpahaman yang terjadi.

Dengan melakukan me time kita bisa lebih melihat sekeliling kita dan memperbaiki hubungan dengan orang lain. Jika selama ini kita hanya fokus pada rutinitas kita  dengan me time kita bisa bersosialisasi dengan orang lain yang memberi manfaat yang banyak bagi kita.

Bisa bertukar pikiran, bisa bercanda bersama dan mendapatkan hal- hal yang baru dengan pengalaman-pengalaman yang kita dengar dengan saling berbagi.

Kesimpulan

Meluangkan waktu untuk diri sendiri (Me Time) merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa jenuh, rasa stres, lelah, capek dan bosan yang kita alami. Dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut bisa saja menimpah kehidupan kita yang membuat semua aktifikas yang kita lakukan tidak dapat kita maksimalkan.