menggunakan-hp

Ketahui Bahaya Radiasi HP yang Mengancam Kesehatan

Layar Sosial – Tidak bisa di pungkiri kalau sekarang aktifitas kita lebih banyak menggunakan Hp, mulai dari belajar, menonton film, baca berita, bekerja dan sebagainya menggunakan Hp karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana- mana.

Dengan kenyamanan dan berbagai aplikasi yang menarik yang di sediakan sehingga kita sering terlena mengunakan Hp hingga berjam-jam.  Hampir emua waktu kita hanya menggunakan ponsel pintar atau smartphone ini.

Tanpa kita sadari bahaya radiasi hp bagi kesehatan,  berbagai macam penyakit yang mengintai kita akibat dari radiasi yang di pancarkan oleh Hp tersebut bisa tingkat yang lebih serius.

10 Bahaya Radiasi Hp yang Kita Gunakan Sehari-Hari

1. Insomnia Atau Gangguan Tidur

Bahaya radiasi Hp membuat kesulitan tidur memicu perasaan gelisah, muncul perasaan panik dan resah karena ponsel menghasilkan gelombang radio beberapa di antaranya mempengaruhi suplai darah ke otak. Jika seseorang kesulitan tidur ia rentan terhadap gelombang radio ini sehingga ia sulit tidur.

2. Kerusakan Syaraf Otak

Radiasi yang kuat dari Hp bisa menembus jaringan syaraf otak. Jika terus menerus gelombang radiasi ini akan menyebakan glikoma yang akan merusalk sel–sel syaraf otak.

3. Kerusakan Mata

Ini juga merupakan hal penting, karena bukan hanya radiasi tapi cahaya dari telpon genggam bisa merusak mata. Mulai dari mata menjadi merah, mata berair dan gatal. Hingga bisamembuat mata mengalami katarak.

4. Tubuh Mudah Lelah

Penggunaan Hp dalam waktu yang lama tanpa jeda, membuat syaraf–syaraf sekitar kepala dan wajah menjadi tidak rileks, aliran darah menjadi tidak lancar dan tubuh menjadi mudah lelah .

5. Gangguan Menstruasi

Wanita yang sering meletakkan smartphone pada saaat tidur dalam waktu yang lama akan memepengaruhi hormone endokrin. Hormon endokrin berfungsi sebagai menghasilkan berbagai macam jenis hormom dalam tubuh yang disalurkan kedalam darah. Hal ini menyebakan rentan terhadap gangguan endokrin dan bahkan menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita yang dapat berdampak buruk pada kehamilan.

6. Gangguan Kualitas Sperma

Pada pria radiasi ponsel dapat berdampak besar pada system tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan radiasi ponsel dapat mengurangi jumlah sperma dan menurunnya kualitas sperma.

7. Kerusakan pada gendangan telinga

Efek radiasi elektromagnetik yang dapat di buktikan dengan peningkatan panas pada bagian tubuh yaitu telinga dapat membuat kerusakan permanen pada gendang telinga yang dapat mengurangi pendengaran.

8. Depresi Berat

Ini menyangkut ketergantungan atau kecanduan terhadap pemakain Hp. Sehingga merasa tidak nyaman ketika tidak menggunakan Hp. Ketergantungan atau kecanduan menggunakan Hp ini merupakan masalah psikologis yang dialami hampir semua pengguna Hp di seluruh dunia. Paparan radiasi Hp yang masuk ke otak telah mengendalikan pola piker untuk terus menggunakan Hp.

9. Kanker Kulit

Radiasi Hp dapat meningkatkan suhu pada permukaan kulit dan merubah pigmentasi kulit secar tidak langsung. Suhu yang mengenai kuklit sampai 4,7 derajat celsius. Apabila terus menerus terpapar maka akan merubah sel tubuh menjadi mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker. Sel kanker tersebut adalah cikal bakal munculnya kanker kulit.

10. Memicu Tumor

Ada pandangan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel menyebabkan sel-sel syaraf dalam tubuh manusia mati pada suhu tinggi. Jika sel tersebut merupakan sel glial stadium lanjut, kelainan akan meningkat dan faktor kesehatan seperti tumor bisa muncul.

15 Tips Untuk Mengurangi dan Terhindar Radiasi Hp

  1. Berhati- hatilah meletakkan ponsel, karena radiasi berefek di dekat ia memancar.
  2. Gunakan speaker atau handsfree dari pada langsung mendekatkatkan ponsel pada telinga. Ini membantu menjauhkan efek radiasi langsung pada syaraf otak dan telinga.
  3. Batasi menggunakan smartphone pada ibu hamil.
  4. Lebih baik menggunakan messenger, menggunakan messenger akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi pada tubuh dan otak.
  5. Jika menelepon dalam waktu yang lama gunakan telinga secara bergantian. Untuk membatasi paparan radiasi pada satu sisi saja. Ini sering dikaitkan dengan resiko tumor otak disisi yang sering terpapar radiasi.
  6. Menyimpan ponsel atau smartphone di dalam tas, menyimpan smartphone dalam tas menghambat tepapar radiasi pada tubuh.
  7. Nonaktifkan ponsel atau smartphone di malam hari.
  8. Gunakan smartphone seperlunya dan membatasi menggunakan smartphone terutama saat berinteraksi dengan orang lain.
  9. Menggunakan chip anti radiasi.
  10. Jangan menggunakan Hp pada saat di charge.
  11. Simpan dilemari jangan di ranjang.
  12. Jauhkan anak dan balita menggunakan ponsel atau smartphone. Anak- anak sangat riskan terhadap bahaya radiasi jadi disarankan untuk tidak memberi anak ponsel.
  13. Hindari penggunaan Bluetooth.
  14. Jangan terkena langsung dari area transmisi wifi.
  15. Menggunakan ponsel pada ruangan terbuka memperkecil bahaya radiasi ponsel. Suhu udara yang sejuk diluar rumah dapat mengendalikan suhu pada panas pada ponsel.

Demikian bahaya dan tips mengurangi atau menghindari bahaya radiasi Hp untuk kesehatan. Kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari tapi biarlah kita menjadi cerdas dengan kemajuan yang ada.

Bill Gates

teknologi hanyalah alat namun untuk menjadikan anak-anak kita bisa saling bekerjasa dan termotivasi adalah guru yang paling penting

Jangan mengorbankan kesehatan dan pergunakanlah teknologi itu sewajarnya jangan membuat kita di kendalikan olehnya.

Semoga bermanfaat.