Google

Dapatkah Akun Google Terhapus Otomatis Setelah Meninggal Dunia

Layar Sosial – Google sebagai perusahaan teknologi Asal Amerika Serika sebagai Pengguna smartphone tentunya tidak asing dengan Google ini. Ketika pertama sekali membeli atau menggunakan smartphone baru yang terlebih dahulu kamu lakukan adalah mendaftarkan akun google.

Hal tersebut tentunya berfungsi agar smartphone yang kamu pakai berjalan dengan baik umumnya kita di Indonesia karena kamu membutuhkan fitur gratis untuk diggunakan seperti Gmail, Mesin Pencarian, translate, Maps, Drive, daftar Media Sosial dan banyak lagi tentunya.

Sebagai seorang yang perduli dengan privasi mungkin saja kamu pernah berpikir bagaimana jika suatu saat kamu meninggal?, bagaimana dengan akun Google yang kamu miliki apakah dapat terhapus secara otomatis atau bahkan tidak terhapus sama sekali.

Untungnya Google sudah memikirkan hal tersebut dan memberikan kita kemudahan dalam melakukan proteksi terhadap akun pribadi bahkan kita dapat mewariskan kepada orang yang benar-benar kita percaya.

Google memberikan tools atau kemudahan dalam melakukan pengaturan akun yang kamu miliki namun kali ini kita hanya fokus pada masalah cara setting akun Google dapat terhapus secara otomasis ketika sudah tidak aktif dalam kurun waktu tertentu ketika kamu sudah meninggal.

Adapun Langkah-Langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Buka akun Google “myaccount.google.com”.
  2. Pilih tab “Data & personalization”.
  3. Scroll kebawah pilih “Buat rencana untuk akun Anda”.
  4. Pilih atau klik “Mulai”.
  5. Pada tahap ini tentukan kapan Google akan mempertimbangkan untuk menoktifkan akun anda. dengan pilihan 3 – 18 bulan masa tunggu setelah Anda tidak aktif.

Pada pengaturan ini juga kamu dapat memberikan izi untuk mengakses akun yang kamu miliki kepada orang yang kamu percaya.

Tambahkan maksimal 10 nomor kontak yang dapat dihubungi oleh pihak setelah akun kamu tidak aktif dan pastikan nomor tersebut aktif. Adapun peran nomor kontak yang kamu tambahkan nantinya dapat mendownload data, mengelola akun anda setelah kamu meninggal dunia.

Pemberian izin akses mencakup kontak, riwayat di Google Chrome, akses Gmail, Drive dan Google Photos. Kontak yang telah kamu tentukan dapat mengakses semua informasi ini selama 3 bulan terakhir setelah tidak aktif.

Buatlah pesan yang dapat secara otomatis dikirimkan dari akun Gmail kamu setelah tidak aktif dalam waktu yang telah ditentukan sebelumya. Pesan bisa berupa pernyataan bahwa kamu tidak lagi menggunakan layanan Google, atau bahkan pesan wasiat setelah kamu meninggal dunia.

Setelah itu, klik “tinjau rencana”, untuk mengecek kembali pengaturan yang telah kamu siapkan. Jika sudah yakin, klik “konfirmasi plan”

Sekarang, Akun Google kamu resmi mengatur layanan Google agar terhapus secara otomatis untuk jangka waktu tertentu, atau ketika sudah meninggal dunia. Semoga dapat membantu ketika kamu sedang mencari cara menghapus akun secara otomatis tentunya.