Kontrol Privasi Akun Google Secara Default Untuk Semua Pengguna Baru

Fitur Google

Layar Sosial – Google baru saja menggumumkan bahwa untuk pengguna baru pada layanan Akun Google secara default untuk semua pengguna baru hapus otomatis akan diaktifkan seperti informasi pencarian pengguna, data lokasi dan perintah suara setelah 18 bulan berlalu sejak penangkapan.

Aktivitas YouTube, sementara itu, akan disimpan dalam file selama 36 bulan secara default, yang menurut Google akan memastikan pemirsa mendapatkan konten yang paling relevan.

Dilansir dari laman Blog Google, Google telah mengumumkan perombakan signifikan terhadap kebijakan privasinya seputar penanganan dan penyimpanan data pengguna.

“Ketika kami merancang produk kami, kami fokus pada tiga prinsip penting: menjaga keamanan informasi Anda, memperlakukannya secara bertanggung jawab, dan membuat Anda memegang kendali,” tulis Sundar Pichai, Google dan CEO Alphabet. “Hari ini, kami mengumumkan peningkatan privasi untuk membantu melakukan itu.”

Kontrol hapus otomatis perusahaan telah ada sejak tahun lalu, tetapi sekarang akan diaktifkan secara default untuk pengguna baru. Namun, pemegang Akun Google yang ada perlu mengaktifkan fungsi hapus otomatis secara manual dari panel Activity Controls.

Kebijakan retensi data baru Google adalah bagian dari kampanye yang lebih luas untuk memberikan privasi pengguna yang lebih baik dan keamanan data. Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan layanan konferensi video populer Google Meet, melindungi pengguna terhadap penipuan terkait virus corona dan mengurangi risiko privasi yang ditimbulkan oleh teknologi pengenalan wajah .

“Kami percaya bahwa produk harus menyimpan informasi Anda hanya selama itu berguna dan bermanfaat bagi Anda apakah itu dapat menemukan tujuan favorit Anda di Maps atau mendapatkan rekomendasi untuk apa yang ditonton di YouTube. Kami terus menantang diri untuk lakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. ” kata Pichai.

Perusahaan juga mengambil kesempatan untuk mengungkap sejumlah perubahan kecil yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengakses kontrol privasi dan meningkatkan keamanan akun.

Segera, cari pertanyaan seperti ‘Apakah Akun Google saya aman?’ atau ‘Pemeriksaan Privasi Google’ akan mengembalikan widget yang dipersonalisasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tweak cepat ke kontrol akun mereka.

Mengakses mode Penyamaran dalam aplikasi terpopuler Google – termasuk YouTube, Pencarian, dan Peta – juga akan jauh lebih mudah. Untuk memasuki penjelajahan pribadi, pengguna hanya perlu menekan dan menahan gambar profil mereka.

Dalam beberapa minggu mendatang, alat Pemeriksaan Kata Sandi Google juga akan diintegrasikan ke dalam layanan Pemeriksaan Keamanan, yang memberi tahu pengguna celah di baju besi keamanan mereka. Penambahan akan memungkinkan pemegang akun untuk memeriksa apakah salah satu kredensial login mereka telah dikompromikan dan melindungi terhadap kemungkinan serangan pengisian kredensial.

Sumber : techradar.com