Belajar Online layarsosial.com

Keuntungan & Kerugian Belajar Online

Layar Sosial – Kita telah mengetahui bersama yang di sebabkan oleh pandemik Covid-19 yang sedang merajalela sekarang ini. Covid-19 ini membungkam semua sektor, baik sektor pariwisata ,sektor ekonomi, sektor transportasi , sektor social dan bahkan sektorpendidikan.

Karena semakin meluasnya penyebaran covid-19 ini sehingga banyak sekolah yang di liburkan untuk sementara waktu. Ini di karenakan virus Corona begitu cepat menular kedalam tubuh manusia, berbagai upaya telah dilakukan baik pemerintah pusat, daerah bahkan secara mandiri.

Salah satu upaya membatasi menularnya Covid-19 ini adalah dengan menjaga jarak atau social distance. Sehingga sekolah yang merupakan salah tempat anak-anak didik untuk belajar terpaksa tidak berjalan seperti biasanya.

Kemudian karena sekolah di liburkan dan untuk tetap menjalankan ke efektifan belajar mengajar sehingga di terapkannya kelas online. Di terapkannya kelas online ini memiliki dampak positif dan negatif diantaranya.

Keuntungan Dari Belajar Online

Bagi anak- anak yang belajar di rumah, berbagai keuntungan bisa di dapatkan, Melansir dari situs Education Corner dan The Guardian berikut di antaranya :

  1. Melatih Kepercayaan Diri Anak
    Belajar online secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan diri anak sebab tak sedikit anak yang merasa takut dan malu untuk menyampakikan pendapat dikelas salah satunya karena banyak murid yang memperhatikan mereka berbicara. Namun dengan kelas online sikap gugup bisa perlahan hilang karena di latih dengan diskusi  tanpa tatap muka.
  2. Belajar Menjadi Lebih Efisien
    Saat belajar di sekolah, efisiensi dari segi apa pun bisa di dapat baik dari segi pakaian, tentu anak- anak tidak membutuhkan seragam, transportasi juga tidak di perlukan. Pengeluaran berupa uang jajan dan biaya tak terduga seperti membeli buku dan alat tulis juga tidak dialami karena semua di kerjakan online.
  3. Pelajaran Lebih Mudah di Tangkap
    Berbeda dengan kelas biasa,  dimana guru hanya akan menerangkan sesuatu dalam satu waktu. Belajar dikelas online memudahkan pendidik untuk menyimpan apa  pun yang telah di sampaikan. Hal ini tentu memudahkan murid untuk mengulang dan memutar sebanyak apapun yang mereka mau. Sehingga saat anak tidak mengerti, ia bisa mendengarkan penjelasan guru terus menerus sampai paham.
  4. Peran Orang Tua
    Belajar di rumah secara online ini perlu peran orang tua untuk membantu sang anak untuk semakin semangat belajar. Dan menumbuhkan ikatan yang lebih intim karena biasanya belajar lebih banyak di sekolah.

Kerugian Dari Belajar Online

1. Begitu banyaknya yang menghambat terlaksananya efektifitas belajar online ini, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Penguasaan Teknologi Yang Masih Rendah
    Tidak semua guru dan murid melek teknologi, sebenarnya mereka bukan tidak mau belajar, tapi tidak semua terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Misalnya di pedesaan bisa saja karena jaringan dan alat teknologi itu sendiri yang sangat terbatas.
  2. Keterbatasan Perangkat Pendukung
    Dalam hal ini kita berbicara tentang alat-alat yang digunakan dalam belajar online ini misalnya smartphone atau laptop. Tidak bisa kita pungkiri rendahnya gaji guru tidak memungkinkan untuk melengkapi fasilitas yang sudah seharusnya ada. Tapi bagaimana memenuhi semua itu sedangkan untuk kebutuhan sehari–hari pun tidak terpenuhi seperti mereka yang masih guru honorer.
  3. Jaringan Internet
    Tidak semua sekolah sudah terkoneksi dengan internet , kalaupun ada yang menggunakan jaringan selular terkadang jaringan tidak stabil karena letak geografis yang masih jauh dari jangkuan signal.

2. Dari Segi Masalah Yang Di Hadapi Pendidik Maupun Peserta Didik.

  1. Guru Memberi Tugas Yang Sangat Banyak
    Memberi tugas yang sangat banyak membuat peserta didik merasa tertekan dengan tugas-tugas yang diberikan dan deadline pengumpulan yang begitu cepat juga.
  2. Guru Merasa Tertekan Dan Bingung
    Tidak hanya peserta didik yang merasa tertekan, tetapi pendidik juga mengalami depresi karena memikirkan hal ini.
  3. Peserta Didk Bukannya Belajar Malah Bermain.
    Disini peran orang tua  sangat;lah penting dalam mengawasi anak-anaknya dirumah, karena jika tidak di awasi dan di bimbing dengan baik mereka bisa menyalahgunakan belajar online ini.

Jika kondisi ini semakin meningkat, maka sudah di pastikan dampaknya terhadap sektor pendidikan juga akan semakin meningkat. Dampak yang paling di khawatirkan adalah efek jangka panjang, sebab para pelajar atau peserta didik secara otomatis akan merasakan keterlambatan dalam proses pendidikan yang dijalaninya. Tentu hal ini bisa mengakibatkan pada terhambatnya perkembangan kematangan mereka di masa yang akan datang.