Jenis Jenis Kontrapsepsi

Berbagai Jenis Kb Dengan Efek Sampingnya

Layar Sosial – KB atau Alat Kontrasepsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kontrasepsi merupakan cara untuk mencegah kehamilan. Metode kontrasepsi sendiri ada dua, yaitu kontrasepsi tradisional (alami) dan kontrasepsi modern.

Walaupun kadang banyak perempuan, memilih alat kontrasepsi merupakan sebuah di lema. Karena beranggapan apa bila menggunakan alat kontrasepsi jenias tertentu akan mengakitakan jerawat, flek hitam di wajah, tubuh menjadi gemuk dan berbagai anggapan lainnya. Tapi sebenarnya begitu banyak jenis alat kontrasepsi yang bisa menjadi pilihan anda. Berikut Beberapa Jenis Alat Kontrasepsi dan Efek Sampingnya.

3 Jenis Alat Kontrasepsi tradisional.

Kontrasepsi tradisional adalah cara mencegah kehamilan dengan cara alami tanpa adanya intervensi dari luar.

1. Senggama terputus
Senggama terputus adalah salah satu cara alami yang bisa dilakukan. Caranya dengan menarik penis keluar dari vagina pasangannya lalu berejakulasi di luar vagina dan menjauhkan cairan sperma yang keluar dai vagina. Kontrasepsi jenis ini sangat bersesiko karena tepat waktu dalam menarik penis dari vagina sebelum ejakulasi bukanlah hal mudah.

2. Metode kalender
Metode kalender adalah adalah jenis kontrasepsi dengan memantau pola siklus menstruasi selama 6 terakhir. Cara menghitung masa subur perempuan adalah memantau pola siklus menstruasi selama 6 bulan, mengurangi 18 dari panjang siklus terpendek (perkiraan hari subur pertama) dan mengurangi  11 dari panjang siklus terpanjang (di perkirakan hari subur terakhir). Biasanya masa subur adalah hari ke 8 hingga 19 dari masing-masing siklus menstruasi 26 hingga 32 hari. Namun, cara ini bisa tidak efektif bila terjadi ovulasi dadakan selama masa kering atau masa tidak subur.

3. Kontrasepsi modern
Kontrasepsi modern adalah cara mencegah kehamilan dengan cara yang lebih modern dengan bantuan alat atau adanya intervensi dari luar.

6 Jenis Alat Kontrasepsi Modern dan Efek Sampingnya

1. IUD

IUD merupakan jenis kontrasepsi yang banyak di gunakan perempuan di Indonesia.
IUD  adalah kontrasepsi berbentuk T yang di masukkan ke dalam rahim perempuan.

Kontrasepsi IUD ini menurut WHO efektif hingga 99 persen untuk mencegah terjadinya kehamilan. Kontrasepsi ini juga dapat di gunakan selama beberapa tahun.

Efek samping penggunaan alat kontrasepsi IUD

  1. Keram perut atau rasa sakit pada bagian bawah perut
  2. Pendarahan yang cukup banyak saat menstruasi atau menstruasi tidak teratur
  3. Dapat lepas atau bergeser dari tempatnya.
  4. Dapat terjadi Infeksijika tubuh menolak keberadaan IUD

2. Kontrasepsi  Suntik

kontrasepsi jenis suntik ini dikenal dengan istilah KB Suntik. KB suntik ini ada 2 jenis yaitu kb suntik kombinasi dan kb suntik progesterone.

Kb suntik kombinasi ini di suntikkan setiap bulan kedalam otot, mengandung esterogen dan progesterone. Suntikan ini mencegah pelepasan telur dari ovarium (ovulasi).

Kb suntik progesterone adalah suntikan yang mengandung hormon progesterone dan disuntikkan kedalam otot setiap 3 bulan sekali. Suntikan kb ini berfungsi mengentalkan lender serviks untuk menghalangi sperma dan sel telur bertemu dan mencegah ovulasi.

Efek Samping Dari KB Suntik

  1. Rasa mual
  2. Peningkatan berat badan
  3. Gairah seks menurun
  4. Pendarahan diluar jadwal menstruasi atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.
  5. Sakit kepala
  6. Jerawatan

3. Implant

Implan adalah kontrasepsi berbentuk implan batang atau susuk KB atau kapsul kecil yang lentur dan diletakkan di bawah kulit lengan atas. Implan KB ini hanya mengandung hormon progesterone yang memiliki fungsi mengentalkan lender serviks untuk menghalangi sperma dan sel  telur bertemu dan mencegah ovulasi.

Efek  Samping KB Implant.

  1. Rasa nyeri di bagian lengan atas atau tempat implant di tanam.
  2. Menstruasi tidak teratur
  3. Peningkatan berat badan
  4. Kesulitan hamil kembali setelah implant di lepas

 4. Pil KB

Alat kontrasepsi satu ini tergolong murah dan mudah di dapatkan. Tapi hal yang membuat repot para pengguna awal karena harus rutin meminumnya setiap hari. Bahkan untuk beberapa jenis pil KB ada yang harus di minum di jam yang sama.

Namun tingkat keberhasilan dalam penggunaan pil ini sangat baik jika penggunanya menggunakan secara baik.

Efek Samping PIL KB

  1. Rasa mual
  2. Sakit kepala dan terkadang ada rasa tidak nyaman pada payudara
  3. Gairah seks menurun
  4. Peningktan berat badan
  5. Pendarahan tiba-tiba di luarjadwal menstruasi

5. Vasektomi

Vasektomi adalah tindakan KB yang di lakukan untuk menghentikan aliran sperma dengan cara menutup saluran vas deferens pada pria. Hal ini memerlukan tindakan medis atau operasi dan bersifat permanen.

Pria yang melakukan tindakan ini tidak perlu takut Karena tidak menyebabkan ejakulasi, tidak menurunkan gairah seks atau kemampuan ereksi.

Efek Samping Vasektomi.

  1. Bisa terdapat darah di dalam air mani
  2. Memar pada testis beberapa bulan pasca operasi
  3. Pendarahan atau pembekuan darah pada area testis
  4. Infeksi pasca operasi
  5. Perasaan tidak nyaman pasca operasi

6. Tubektomi

Tubektomi merupakan tindakan sterilisasi pada perempuan, yang dilakukan dengan cara memotong atau menutup tuba falopi sehingga sel telur tidak masuk ke dalam rahim.

Sama dengan vasektomi, tindakan ini memerlukan operasi, tidak mempengaruhi gairah seks atau pun menopause.

Efek Samping Tubektomi

  1. Nyeri pada panggul atau perut
  2. Infekso pasca operasi
  3. Pendarahan
  4. Komplikasi
  5. Beberapa orang juga dapat mengalami hamil ektopik

Semua tindakan pencegahan kehamilan memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebelum anda memutuskan menggunakan alat kontrasepsi yang mana ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama jika anda masih menyusui bayi lho.