Pixabay

15 Tips Menjadi Orang yang Tidak Membosankan Dengan Teman

Layarsosial.com – Tips menjadi orang yang tidak membosankan pada saat bersosial atau berteman dengan siapa saja adalah impian setiap orang. sebagai orang yang bersosial dan bertemu siapa tentu saja kita memiliki tips agar terjadi komunikasi yang menarik dan tidak membosankan apabila kita bisa melakukan hal-hal yang positif.

Salah satu keindahan persahabatan sejati adalah kemampuan untuk saling memahami dan dipahami satu sama lain.

Lucius Annaeus Seneca

Hidup bersosial atau berteman adalah hal mutlak yang harus dilakukan setiap orang, dengan bersosial maka kita dapat mengenal satu sama lain siapa saja disekitar kita. Namun ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kita apakah cara bersosial kita apakah kita menjadi orang yang membosankan atau sebaliknya?

Jika Kamu ada pada posisi menjadi orang yang membosankan sehingga banyak teman yang menjauhi dan enggan berteman dengan Kamu, jangan putus asa dengan hal tersebut karena ada cara bagaimana kita bisa menjadi orang yang menyenangkan dan tidak membosankan saat berteman dengan siapa saja.

1. Menyapa teman dengan menyebutkan nama

Menyapa teman dengan menyebutkan namanya adalah tips pertama yang dapat kamu lakukan, menyapa dengan menyebut nama akan terasa lebih nyaman, dengan menyebutkan nama saat menyapa teman akan merasa dihargai dan perhatiannya akan terfokus padamu, dibandingkan dengan menyapa seseorang dengan panggilan “sis” atau “bro” adalah hal yang biasa saja seolah tidak ada pertemanan yang akrab satu sama lainnya walaupun sebagaian orang juga nyaman-nyaman saja dipanggil dengan panggilan tersebut. Namun akan lebih baik dan disarankan untuk menghidari dengan panggilan “sis” ataupun “bro” tersebut.

2. Menjadi orang yang humoris

Tips yang kedua tentunya kamu harus menjadi orang yang humoris. Memiliki teman yang humoris memang menyenangkan bukan? Nah sifat humoris tersebut juga harus kamu miliki. Memang tidak semua orang dapat melakukannya namun kamu bisa belajar menjadi orang yang humoris jika kamu sudah memiliki ke akraban satu sama lain.

Orang yang memiliki selera humor dapat mencairkan suasa pada suatu titip permasalahan yang belum terpecahkan dalam sebuah diskusi. Dengan kamu sedikit melakuhan humor suana dapat menjadi lebih cair dan dengan selara humor kamupun akan menjadi orang yang disenangi disekitarmu.

Namun perlu dipehatikan juga, untuk memulai humor perhatikan waktu dan tempat yang tepat karena dengan selera humor yang berlebihan juga tidak baik. Dengan selera humor yang berlebih dapat merusak pertemanan apabila kamu tidak pada mengontrol semua apa yang sedang kamu ucapkan.

3. Tidak memilih teman

Tips yang ketiga, Hindari untuk pilih-pilih teman bukan berarti kamu harus berteman dengan siapa saja yang dapat membawa kamu ke hal-hal yang negatif alangkah baiknya jika kamu menjadi teman dan sahabat yang membawa dampak yang baik dan positif untuk teman-teman kamu.

Tidak pilih-pilih teman yang dimaksud adalah pilih-pilih teman berdasarkan kekayaan, pendidikan, pekerjaan, agama, ras, suku, gender dan lain sebagainya apalagi kami berteman hanya karena sesuatu hal yang kamu inginkan.

Berte,an dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang mereka, walaupun tidak semua teman-teman kamu berkelakuan baik, ada yang baik tetapi memiliki niat tertentu disinilah kamu harus belajar membedakan hal tersebut jangan sampai kamu juga salah berteman ya.

Sahabat yang baik tidak akan mencelakai, sebaliknya menasehati, melindungi dan tulus mengasihi.

4. Menjadi Pendengar yang baik

Tips ke empat, pada tips ini kamu belajarlah menjadi seorang pendengan yang baik dalam arti kamu dengarkan apa yang sedang dia sampaikan tanpa mencoba menyela dia saat berbicara dan maunya hanya kita saja yang ingin di dengarkan.

Sifat ingin di dengar sendiri adalah hal yang tidak baik dilakukan saat berteman jika kamu ingin menjadi seorang yang menyenangkan, cobalah dengarkan apa yang dia sampaikan dan berikan respon yang baik dan bijak.

5. Hindari menggunakan kata-kata yang kasar dan menyindir

Tips ke lima, bagi sebagian orang tidak suka dengan kata-kata kasar atau menyidir dirinya saat berteman mungkin saja termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini bukan?

Teman dapat membuatmu tertawa, sahabat dapat membuatmu bergembira, namun yang tulus mencintai lah yang mampu membuatmu hidup.

Nazril Irham

Dengan menggunakan kata-kata yang tidak baik dapat membuat pertemanan menjadi retak dan membuat kita dijauhi oleh teman-teman kamu karena kata-kata yang Kamu ucapkan tersebut membuat dirinya kesal dan marah terhadapmu.

Jadi, hindari kata-kata yang kasar dan menyindir orang lain. Lebih baik kamu belajar untuk mengucapkan kata-kata yang positif. Sebab dengan menyebarkan hal positif, maka kamu akan disukai banyak orang.

6. Selalu rendah hati

Tips ke enam, menjadi seorang yang rendah hati memang sulit terlebih sebagian orang adalah mereka yang sulit untuk meminta maaf kepada orang lain dengan mempertahankan ke egoisan.

Namun ini akan lebih mudah jika kamu mengedepankan hal-hal yang positif di pikiran kamu. Belajarlah mengucapkan 3 kata sederhana ini yaitu Maaf, Terima kasih, dan Meminta Tolong.

Ucapkan kata-kata tersebut ketika Kamu melakukan kesalahan, saat Kamu ditolong seseorang, dan ketika Kamu butuh bantuan. Dengan kata-kata sederhana ini secara tidak langsung Kamu akan dianggap sebagai pribadi yang sopan dan selalu menghargai orang lain.

Cara berkomunikasi Kamu menunjukkan sifat sosial positif yang Kamu miliki. Jadi, usahakan untuk menjaga komunikasi dan tutur kata, agar Kamu tidak dianggap sebagai orang yang membosankan.

7. Selalu Membatalkan Janji

Tips ke tujuh, ada sebagian orang yang kerap kali membatalkan janji dengan berbagai macam alasan. Jika hal itu dilakukan hanya satu dua kali, itu tidak masalah. Namun jika hal itu diulang secara terus menerus, maka orang-orang akan merasa bosan dan muak.

Orang-orang akan cenderung memberi cap “Orang yang membosankan” pada mereka yang selalu membatalkan janji. Sekali-kali, cobalah untuk menepati janji dan menghargai setiap janji yang telah disepakati.

Jika mendapat sahabat sejati yang selalu Bersama kita, baik dalam keadaan suka ataupun duka. Berjanji lah dalam hati untuk selalu setia kepadanya.

8. Mencoba banyak hal baru

Tips ke delapan, dengan mencoba hal-hal yang baru bersama dengan dengan teman kamu akan memiliki banyak pengalaman saat berinteraksi. Oleh kerena itu, semakin banyak hal baru yang kamu lakukan, maka semakin sering juga kamu bertemu dengan orang baru yang akan melatih kamu untuk berkomunikasi yang baik.

Kamu akan bertemu dengan siapa saja disekitar kamu terlebih dengan mereka yang memiliki kesamaan dengan apa yang sendang kamu lakukan. Jadi, kamu bisa menambah pengalaman sambil belajar berinteraksi dengan orang baru. Semakin sering kamu melakukan hal tersebut, pasti kamu menjadi orang yang tidak kaku dan menyenangkan.

9. Hindari topik yang tidak perlu untuk dibicarakan

Pada tips ke sembilan ini hindari topik-topik pembicaraan yang tidak perlu adalah cara yang terbaik untuk kamu yang sedang mencari teman, jangan sampai topik pembicaraan yang dibahas dapat menyakiti perasaan sahabat kamu.

Ketika kamu sedang berbicara dengan orang sekitar, usahakan pembawaan kamu lebih santai. Artinya, kamu harus menghindari topik pembicaraan yang terlalu berat dan tidak mudah untuk dimengerti atau dengan kata lain tidak nyambung. Ketika kamu pertama kali bertemu dengan seseorang coba bicarakan hal-hal yang dapat membangun komunikasi lebih lanjut, seperti membicarakan hobi, kesukaan agar pembicaran tidak bosan.

Bahasa persahabatan tak tercermin dari kata-kata, melainkan dengan arti.

Henry David Thorea

10. Selalu berpikir positif

Tips ke sepuluh, pada saat berteman dan berkenalan dengan orang lain usahakan untuk selalu berpikir positif dalam segala hal sehingga orang lain pun merasa senang berbicara dengan kamu. Orang yang selalu berpikir positif mampu melihat peluang dalam setiap masalah dan menganggap hidup ini menyenangkan untuk dijalani.

Orang yang berpikiran positif pun dapat terhindar dari stres karena mampu membahagiakan dirinya sendiri. Tidak ada masalah tanpa jalan keluar, tidak ada kesulitan yang tidak mampu diatasi adalah ciri-ciri orang yang berpikiran positif. Jadi, jika Anda ingin menjadi orang yang menyenangkan, belajarlah untuk selalu berpikiran positif dalam setiap hal yang Anda hadapi.

11. Bersikaplah suportif

Tips selanjutnya, saat teman kamu bercerita tentang sesuatu yang mereka capai, berikan ucapan selamat yang tulus dan tidak dengan rasa iri atas pencapai yang di capai saat ini. Saat seseorang memberi tahu Anda tentang sesuatu yang menjengkelkan, tawarkan simpati yang tulus padanya.

Jika seseorang memberi tahu Kamu tentang pengalaman yang luar biasa, refleksikan kegembiraan Kamu bersaman Dia. Ini juga menjadi cara untuk disukai orang lain dan tidak bembosankan.

12.  Temukan kesamaan

Tips ini, orang terhubung dengan orang lain yang mirip dengan mereka atau yang memiliki minat dan pendapat yang sama. Jadi ketika bertemu orang yang tidak Kamu kenal dengan baik atau baru pertama kali bertemu, cobalah temukan kesamaan minat, hobi, opini, selera film, buku, pertunjukan, musik atau mode, tujuan liburan, atau apa pun yang dapat menciptakan ikatan.

13. Memanfaatkan bahasa tubuh

Tips selanjutnya, tawarkan jabat tangan yang kuat, lakukan kontak mata, tersenyum, berdiri, atau duduk dengan postur terbuka (misalnya, lengan ke samping daripada dilipat di depan dada) dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengangguk ketika seseorang berbicara menunjukkan bahwa Kami sedang mendengarkannya. Dengan memanfaatkan bahasa tubuh tersebut mereka akan merasa tenang dan bahagia puas dengan apa yang sedang dilakukan (hal yang postif).

14. Rasa peduli

Berikan rasa perdulimu terhadap mereka yang sedang mengalami sukacita dan dukacita yang sedang mereka alami. Mulailah dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu seperti menanyakan kabar mereka, jika ada yang sakit segeralah jenguk dan jika dalam sebuah masalah berikan solusi yang baik. Rasa peduli yang kamu berikan akan membuat mereka merasa nyaman di dekatmu, sehinga kamu bisa menjadi orang dan teman yang menyenangkan.

15. Murah senyum

Cara lain menjadi orang yang tidak membosankan adalah murah senyum. Kelihatannya sederhana, bukan? Namun Anda tidak akan mudah tersenyum jika hati Anda penuh kekhawatiran dan kekecewaan. Orang yang murah senyum masih terkait dengan pribadi yang positif. Dia mampu membahagiakan dirinya sendiri tanpa menuntut orang lain membahagiakannya. Sehingga kebahagiaan itu terpancar keluar dan membuatnya mampu tersenyum.

Salah satu keindahan persahabatan sejati adalah kemampuan untuk saling memahami dan dipahami satu sama lain.

Lucius Annaeus Seneca

Murah senyum ini bukan berarti senyum-senyum tanpa sebab. Murah senyum bisa diartikan sebagai orang yang ramah. Anda selalu tersenyum kepada setiap orang yang Anda temui dengan senyum yang tulus dari hati. Anda juga ramah dan mudah menyapa setiap orang yang Anda kenal. Jika Anda memiliki pribadi seperti ini, siapa pun pasti senang bergaul dengan orang yang baik dan ramah seperti Anda.

Polinus Gea
Polinus Gea adalah seorang seorang penikmat Teknologi Informasi. Dalam waktu luang ia juga suka belajar hal-hal yang baru.