Instal Ulang Windows

Aplikasi Yang Wajib Setelah Instal Ulang OS Windows Di Komputer

Layar Sosial – Setelah instal ulang sistem oprasi Windows pada komputer apa saja aplikasi yang wajib dimiliki. Mungkin kamu akan kebingungan ketika pertama kali instal ulang Windows atau kamu baru saja belajar instal ulang Windows.

Perlu diketahui pada saat kamu instal ulang komputer semua data dan aplikasi yang ada di komputer kamu akan hilang dan kamu harus menginstalnya secara manual.

Alangkah lebih baik sebelum melakukan instal ulang Komputer lakukan backup data terlebih dahulu agar data-data penting yang kamu miliki tidak hilang terkecuali kamu sudah terbiasa atau paham menginstal Windows pada komputer.

Nah Layarsosial.com akan memberikan rekomendasi aplikasi dasar dan wajib di instal agar komputer atau laptop yang kamu gunakan dapat berjalan seperti sedia kala. Aplikasi ini dapat kamu persiapkan sebelum atau sesudah instal ulang Windwos pada komputer atau laptop.

Berikut Aplikasi yang Di Perlukan Untuk Komputer

1. Driver

Driver adalah hal utama yang kamu instal terlebih dahulu karena driver memiliki fungsi utama untuk mengontrol setiap perangkat keras atau hardware di dalam komputer atau laptop seperti Motherboard, Monitor, VGA, Camera, Port I/O. Driver ini dapat kamu peroleh pada saat membeli komputer.

Apabila kamu tidak memiliki Driver komputer atau laptop tersebut kamu dapat download di laman situs resmi penyedia driver komputer atau laptop yang kamu miliki “disarankan“. Namun jika kamu tidak mendapatkan driver komputer / laptop yang di karena beberapa alasan kamu bisa menggunakan Driverpack Sollution.

2. Aplikasi Kompres Dan Extract File

Aplikasi kompres file berfungsi untuk meng-extract file-file yang di compress atau kompres dalam bentuk extensi 001, 7Z, ACE(*), ARC, ARJ, BR, BZ2, CAB, DMG, GZ, ISO, LHA, PAQ, PEA, RAR, TAR, UDF, WIM, XZ, ZIP, ZIPX, ZST.

Dengan aplikasi extract file akan memudahkan kamu untuk meng-instal aplikasi yang lainnya karena kebanyakan aplikasi yang kamu instal sudah di kompres dan harus di extract telebih dahulu. Adapun aplikasi yang dapat kamu gunakan seperti WinRar, WinZip, 7 Zip dan masih banyak lagi.

3. Aplikasi Office

Aplikasi Office ini berfungsi untuk pengerjaan dokumen seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint pasti kamu butuhkan. Sebagai seorang pekerja dikantor atau pelajar pasti membutuhkan aplikasi ini.

Adapun aplikasi yang dapat kamu gunakan seperti Microsoft Office yang dapat kamu beli di situs resminya. Tetapi jika kamu ingin yang gratis dan memiliki fungsi yang sama, kamu bisa download dan menggunakan LibreOffice.

4. PDF Reader

Apabila kamu seorang pekerja atau pelajar yang kamu pasti sangat familiar dengan file Portable Document Format (PDF) suatu format file yang digunakan untuk menyimpan dokumen tertentu dengan rincian berupa teks atau font, gambar dan bahkan format dokumen lain.

Istilah portable dalam hal ini adalah memberikan informasi bahwa format file PDF fleksibel digunakan di komputer manapun. Adapun aplikasi yang dapat kamu gunakan seperti Foxit Reader, Nitro PDF Reader, Sumatra PDF.

5. Browser

Sebenarnya Windows sudah menyediakan browser bawaan yaitu Internet Explorer. Namun bagi sebagian orang browser ini tidak digunakan dan jika kamu tidak menyukainya gunakan browser lain. Banyak browser lainya yang dapat kamu gunakan seperti Google Chrome, Firefox, Opera dan masih banyak lagi.

6. Multimedia Player

Multimedia Player yang difungsikan untuk file multimedia digital yang berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya.

Adapun aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah VLC Media Player, GOM Player, Winamp dan banyak lagi yang memiliki fungsi untuk menjalankan file multimedia digital.

7. Antivirus dan AntiMalware

Tidak kalah penting juga Antivirus dan AntiMalware aplikasi ini haruslah kamu instal agar PC atau laptop kamu terbebas dari virus dengan cara mendeteksi dan menghapus virus yang ada pada PC.

Tanpa kita sadari virus pada komputer dapat masuk melalui banyak cara baik melalui jaringan internet maupun melalui hardware usb. untuk itu di perlukan Antivirus agar PC tetap aman dari ancaman tersebut. Antivirus Gratis yang dapat kamu gunakan seperti Avira, Avast, AVG dan banyak lagi.

8. Aplikasi Maintenance

Aplikasi maintenance untuk PC atau Laptop ini juga begitu penting untuk kamu instal, tujuannya tentu saja menjaga performanya PC atau Laptop. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada ketika kamu instal ulang Windows namun aplikasi bawaan tersebut tidak cukup untuk melakukan maintenance di perlukan aplikasi tambahan.

Adapun aplikasi tambahan yang kami rekomndasikan untuk meningkat kan performa PC atau Laptop Kamu, Kamu dapat menggunakan CCleaner, Defraggler dan aplikasi lain untuk menjaga dan meningkat kan performa PC atau Laptop kamu.

Kesimpulan

Demikian aplikasi yang kamu butuhkan ketika melakukan instal ulang Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop kamu. Aplikasi yang kami sebutkan diatas hanyalah sebagai rekomendasi bagi kamu yang baru belajar, dan tidak menutup kemungkinan juga untuk kamu menambah aplikasi lain selain yang kami sebutkan diatas sesuai dengan kebutuhan kamu.