Mengamankan Akun

Amankan Akun Sebelum di Bobol atau di Retas Hacker

Layar Sosial – Mengamankan Akun, Banyaknya informasi terjadi pembobolan atau peratasan akun, seperti akun media sosial, email, website dan masih banyak lagi. Hal inipun menjadi perhatian utama bagi penyedia layanan untuk tetap menjaga kerahasian akun klien atau pengguna layanan mereka.

Berbagai upaya tentunya telah dilakukan untuk melapisi setiap keamanan sistem mereka seperti melakukan verifikasi kepemilikan baik melalui SMS maupun Email.

Apakah mengamankan akun hanya menjadi tanggung jawab penyedia layanan?

Tentu saja tidak! Mengamankan akun juga menjadi tanggungjawab kita mengapa demikian karena kontrol sepenuhnya ada pada pemilik akun mereka hanya memberikan kita fasilitas yang dapat kita gunakan dan manfaatkan dengan fasilitas yang ada. Sebagai pengguna juga harus mewaspadai dan mengamankan akun yang kita miliki di layanan mereka, mengapa hal itu wajib dan harus?

Sebuah sistem dibangun oleh manusia yang tentunya adanya sediki kesalahan pada sistem yang mereka bangun, atau bisa di sebut Bug walaupun ini sudah diminimalisir oleh developer programing. Adanya Bug pada sebuah sistem memungkinkan sebuah sistem memiliki celah untuk peretas untuk pencuri data dan melihat data yang disimpan pada sistem tersebut seperti username, password dan data penting lainnya.

Apa yang terjadi jika akun kamu berbahasil dibobol atau diretas?

Jika akun kamu berhasil diretas oleh seseorang yang tidak betanggungjawab data kamu dapat digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan pemilik akun asli, adapun tujuan seorang peretas melakukan hal tersebut tentunya karena beberapa alasan seperti untuk menguji kemampuan, menyampaikan pesan, mencari keuntungan, politik dan masih banyak lagi yang tentunya ini akan merugikan kamu.

Bagaimana Cara Hacker atau Peretas Mengambil Akun Kamu?

1. Melalui Jaringan Wi-Fi

Keaman yang lemah melalui jaringan Wi-Fi sebagai celah bagi seorang hacker atau peretas mendapatkan informasi akun kamu dan melihat semua akitifitas yang kamu lakukan.

2. Membuka Situs tidak Aman seperti Link phishing

Membuka website atau situs-situs tidak aman sangatlah tidak disarankan karena dengan mengakses situs tersebut hacker atau peretas memiliki celah untuk mendapatkan informasi tentang kamu bahkan alat yang kamu gunakan mengakses situs tersebut dapat disusupi malware atau virus.

3. Mudahnya Password di Tebak

Mudahnya Password kamu ditebak dan tidak memiliki lapisan keamanan tambahan sangatlah mungkin akun kamu untuk diretas.

4. Menautkan Akun Ke Situs Tak Dikenal

Menautkan akun ke situs tidak dikenal atau tidak terpercaya memungkinkan situs tersebut mendapatkan informasi akun kamu.

5. Privasi Akun tidak Terlindungi dengan Benar

Privasi akun yang tidak dilindungi dengan benar menjadi celah untuk peretas mengambil alih akun kamu dengan mudah, seperti mengetahui tanggal lahir, nomor ponsel dan banyak lagi.

6. Melalui Smartphone atau Komputer yang Kamu Gunakan

Menginstal aplikasi yang tidak aman akan memberikan celah bagi peretas menginjek malware atau virus ke dalam smartphone atau komputer kamu dengan mudah tanpa kamu sadari.

7. Melalui Bug

Melalui Bug sistem pada komputer atau smartphone, karena adanya Bug sistem para peretas akan memiliki peluang untuk meretas smartphone dan komputer kamu dan memudahkan peretas melihat data dan aktifitas kamu.

Bagaimana Cara Mengamankan Akun Dari Hacker atau Peretas?

  1. Jika kamu menggunakan Wi-Fi Publik di sarankan menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menyamarkan lalu-lintas Wi-Fi yang kamu gunakan dan akses.
  2. Ketika mendapatkan kirimiman link yang mencurigakan jangan diklik, apalagi dari orang yang tidak kamu kenal. Link tersebut salah satu trik hacker meretas akun kamu.
  3. Gunakan Password yang sulit ditebak dan menggunakan kombinasi seperti angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol, disarankan untuk melakukan keamanan dua langkah.
  4. Tidak menautkan akun Gmail, Facebook, Twitter dan lainnya ke situs tidak dikenal atau mencurigakan.
  5. Melindugi Privasi Akun dengan benar, seperti menyembunyikan tanggal lahir, nomor ponsel, email.
  6. Jangan menginstal aplikasi yang tidak aman atau bajakan pada komputer atau smartphone kamu.
  7. Lakukan pembaharuan sistem dan aplikasi secara berkala untuk mendapatkan perbaikan Bug.

Kelalaian yang kita lakukan akan memberikan celah bagi hacker atau peretas mengambil alih akun kamu dengan mudah, oleh karena itu perhatikan hal-hal diatas sebelum terlambat karena peretasan pada akun kamu dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa mendapkan pemberitahuan sebelumnya.