10 Cara Lepas Dari Rasa Sakit Hati Menahun

Sakit Hati
Ilustrasi Sakit Hati Foto : piqsels

Rasa Sakit hati merupakan suatu emosi yang di anugrahkan oleh Tuhan. Berbagai hal bisa kita rasakan selama kita masih bernapas di dunia ini termasuk yang namanya sakit hati ini.

Sakit hati tidak muncul begitu saja, pasti ada berbagai kejadian yang menjadi latar belakangnya meskipun demikian tidaklah baik jika kita terlarut-larut dalam sakit hati.

Karena sakit ini bisa menimbulkan berbagai dampak yang negative dalam diri kita sendiri bahkan bisa timbul berbagai penyakit yang bisa membahayakan tubuh dan jiwa kita.

Namun sakit hati kebanyakan akan meninggalkan bekas yang sangat sulit di hilangkan, selain itu sakit hati juga merupakan akar dari banyak masalah. Khususnya penyakit hati, hanya karena rasa sakit hati sesorang akan menjadi pemurung, pemarah, tidak ramah, iri melihat orang lain dan yang paling parahnya adalah timbulnya rasa dendam.

Jika Dendam Sudah Muncul, Hal Apa Pun Bisa Terjadi.

Meski begitu mengobati rasa sakit hati tidaklah mudah. Sebab terkadang , luka hati lebih sulit sembuh di bandingkan dengan luka fisik. Belum lagi saat sedang sakit-sakitnya, kita di tuntut untuk memaafkan, untuk ceria kembali dan untuk melupakan semua yang telah terjadi.

Penyebab rasa sakit hati seseorang berbeda-beda dan muncul karena berbagai sebab. Ada yang sangat jelas dari mana penyebabnya ada juga yang tidak kelihatan seperti ada yang menyimpan rasa sakit hati sendiri dan ada yang terang-terangan mengakui dirinya sedang sakit hati.

Sakit hati biasanya muncul karena perasaan di bohongi, kecewa, diselingkuhi, di khianati, dibentak serta di tinggalkan dan masih banyak lagi bahkan trauma pun menjadi salah satu penyebabnya.

Sakit hati bisa menjadi sebuah bom waktu yang sewaktu-waktu akan meledak,biasanya ini adalah sakit hati yang menahun yang telah menjadi sebuah dendam.

Untuk menghindari  hal –hal tersebut, berikut beberapa cara membebaskan anda dari rasa sakit hati.

1. Intropeksi diri  dan mendekatkan diri kepada Tuhan

Kita perlu intopeksi diri dengan apa yang terjadi, mungkin saja kita juga pernah menyakiti sesama tanpa kita sadari.

Setelah intropeksi diri dan memiliki cara untuk menenangkan diri maka segeralah serahkan apa yang terjadi di hadapan Tuhan dan memohon ampun kepada Tuhan. Dengan demikian hati akan merasa lebih tenang.

2.  Menangis

Menangis adalah suatu reaksi yang biasanya muncul saat kita sedang bersedih. Menagis juga merupakan tindakan yang biasa di lakukan seseorang karena faktor emosi yang berbeda.

Menurut penelitian menangis memiliki manfaat  bagi tubuh dan pikiran seseorang yaitu sebagai detox tubuh, membuat menjadi tenang dan mengurangi rasa sakit.

Menangis dalam waktu yang lama akan menghasilkan oksitosin dan opioid endogen atau sering di kenal denga  endorphin. Endorphin ini dapat membantu meringankan rasa sakit secara fisik dan emosional. Sedangkan oksitosin dapat memberi perasaan tenang pada sesorang saat setelah dirinya menangis.

Tapi jangan terlalu berlarut –larut ya guys.

3.  Menjauhi media sosial

Teknologi memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang yang membuat kita sakit hati. Apa lagi di media sosial ketika semuanya berusaha mempertontonkan kehebatan dan menyembunyikam kesulitan hidupnya. Hal ini bisa membuat proses pemulihan terhambat.

4. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan

Menyibukkan diri dengan berbagai  kegiatan juga merupakan cara menghilangkan rasa sakit hati. Misalnya dengan membaca atau bermain karena aktifitas ini ia mengubah perasaan seseorang menjadi lebih baik.

Atau bisa juga dengan berolahraga bola tangan atau menjajal boxing, gym dengan begitu anda bisa melampiaskan emosi anda pada sasaran yang tepat dan tentunya tidak merugikan diri anda dan orang lain.

5. Berpikir positif

Cobalah untuk melihat seluruh masalah dari segi yang sebaliknya. Untuk apa anda bersedih dengan orang yang telah menyakiti perasaan anda? Manusia tidak ada yang sempurna , sehingga dalam hal ini kita harustampil berani. Sekaligus memberikan maaf kepada orang yang sungguh-sungguh memintanya.

6. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang berbahagia.

Penelitian terbaru dari Harvard dan California University menunjukan bahwa kebahagiaan itu ‘menular’, maka kelilingi diri anda dengan teman-teman dan organisasi yang membuat anda turut bahagia.

7. Mengingat kebaikan orang yang menyakiti

Jika yang membuat hati kita sakit itu adalah kekasih, saudara, sahabat, teman, atau bos, maka ingatlah kebaikan yang telah mereka lakukan kepada kita. Dengan demikian kita akan lebih mudah untuk memaafkan orang tersebut sehingga terbebas dari dendam.

8.  Membuka diri dengan orang-orang baru

Membuka diri dengan orang- orang baru perlu dilakukan untum mepercepat proses move on. Hal ini akan menambah pegalaman, dan kegiatan baru sehingga kita dapat melupakan sakit hati dengan mudah.

9. Mengenali diri sendiri lebih dalam lagi

Sakit hati paling sering disebabkan oleh permasalahan dalam percintaan. Saat baru putus cinta terutama dari hubungan yang sudah berlangsung lama, mungkin akan kesulitan untuk mengingatkehidupan anda sebelum memulai hubungan ini anda jadi lupa untuk menjadi diri sendiri.

10. Lupakan masa lalu dan mempersiapkan  masa depan

Lupakan periode lalu serta cermati persiapan anda untuk menghadapi hari esok. Jauhi meratapi diri sendiri serta segera buat gagasan  untuk hari esok anda.

Itulah beberapa tips untuk bisa melupakan rasa sakit hati yang terjadi dalam hidup. Namun satu yang pasti obat sakit hati bukanlah obat yang bisa di beli dengan mudah. Obat ini berasal dari diri sendiri, anda perlu berjuang membangkitkan perasaan positif yang ada dalam diri anda.